Beranda » Beton Precast » Mini Pile » Harga Mini Pile Tiang Pancang Beton Precast
click image to preview activate zoom

Harga Mini Pile Tiang Pancang Beton Precast

Stok Tersedia
Kategori Mini Pile

Jangkauan

  • Jakarta
  • Bogor
  • Depok
  • Tangerang
  • Bekasi
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Harga Mini Pile Tiang Pancang Beton Precast

Mini pile merupakan salah satu jenis tiang pancang beton precast yang berukuran kecil dan digunakan untuk penyangga pondasi bangunan gedung, jembatan, dermaga, dolken dan lain sebagainya. Mini pile sering juga disebut sebagai micro pile atau tiang bor.

Berikut definisi mini pile secara lebih rinci:

  • Mini pile adalah tiang pancang beton bertulang yang dicetak terlebih dahulu di pabrik kemudian diangkut ke lokasi proyek dan ditancapkan ke dalam tanah menggunakan mesin khusus.
  • Fungsi utama mini pile adalah sebagai pondasi tiang pancang dangkal yang memikul beban struktur bangunan di atasnya. Mini pile biasa digunakan pada kondisi tanah yang tidak kuat menahan beban berat.
  • Ukuran diameter mini pile lebih kecil dibandingkan tiang pancang beton biasa, dengan kedalaman <12 meter.
  • Mini pile terbuat dari beton bertulang dengan kualitas tinggi agar mampu menahan beban dengan kuat. Tulangan baja digunakan untuk meningkatkan kekuatan lentur mini pile.
  • Pemasangan mini pile lebih cepat dan mudah dibanding tiang pancang konvensional karena berukuran kecil sehingga tidak memerlukan alat berat.
  • Mini pile cocok digunakan pada lahan sempit atau berdekatan dengan bangunan eksisting karena getarannya kecil saat pengeboran.

Dengan ukurannya yang lebih kecil dan cara pengeboran yang presisi, mini pile sangat sesuai untuk menopang beban berat bangunan pada lahan sempit atau tanah yang kurang stabil.

Jenis – Jenis Mini Pile

Mini pile terdiri dari berbagai jenis berdasarkan bahan dan bentuknya. Berikut adalah jenis-jenis mini pile:

Mini Pile Beton

Mini pile beton merupakan jenis paling umum. Terbuat dari beton bertulang dengan diameter 10-30 cm. Mini pile beton memiliki kekuatan tekan yang tinggi sehingga sangat cocok untuk menahan beban berat. Namun biaya pembuatannya cukup mahal.

Mini Pile Baja

Mini pile baja terbuat dari baja profil atau pipa baja. Ukurannya lebih kecil dibandingkan mini pile beton, yaitu berdiameter 5-10 cm. Mini pile baja memiliki kekuatan tarik tinggi sehingga baik digunakan pada tanah lunak atau berongga. Biayanya lebih murah dibanding mini pile beton.

Mini Pile Kayu

Mini pile kayu terbuat dari kayu bulat atau balok kayu. Diameternya 5-15 cm. Harganya paling murah dan cocok untuk pondasi ringan. Namun umur pakainya lebih singkat dan rentan terhadap rayap.

Mini Pile Komposit

Mini pile Komposit atau Combo menggabungkan keunggulan 2 atau 3 bahan, seperti beton bertulang dilapisi pipa baja atau kayu bulat. Biayanya lebih mahal dan memiliki kekuatan yang tinggi.

Keunggulan Mini Pile Beton Precast

Mini pile memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tiang pancang beton biasa:

  • Lebih kuat dan kokoh karena tidak ada sambungan. Daya dukung mini pile mencapai 30-80 ton, jauh lebih besar dibanding tiang pancang cor manual.
  • Pemasangan lebih cepat dan mudah. Mini pile dipancang langsung tanpa perlu pengecoran di lokasi sehingga lebih praktis.
  • Vibrasi dan kebisingan rendah saat pemasangan sehingga aman untuk bangunan di sekitarnya.
  • Cocok digunakan pada lahan sempit atau terbatas karena ukurannya kecil dan tidak memerlukan alat berat besar.
  • Dapat digunakan pada berbagai jenis tanah, termasuk tanah lunak atau tanah gambut.

Mini pile sangat cocok digunakan pada proyek bangunan bertingkat, jembatan, dermaga, bangunan di atas air, atau struktur ringan. Mini pile juga bisa menjadi alternatif tiang pancang apabila pengecoran sulit dilakukan karena keterbatasan lahan atau akses. Dengan keunggulan tersebut, mini pile sering menjadi pilihan utama kontraktor maupun developer properti.

Baca juga : Harga Ready Mix

Metode Pemasangan Mini Pile

Ada beberapa tahapan dalam pemasangan mini pile beton untuk pondasi:

Persiapan

Sebelum memasang mini pile, terlebih dahulu dilakukan pengecekan lokasi proyek dan penentuan titik bore pile sesuai dengan rencana pondasi yang telah dibuat. Pastikan titik-titik bore pile telah ditandai dengan jelas pada lokasi proyek.

Pengeboran

Pengeboran lubang tiang pancang dilakukan dengan alat bor khusus sesuai diameter tiang pancang yang direncanakan. Umumnya menggunakan mesin bor berbentuk rig pengeboran. Kedalaman pengeboran mengikuti perencanaan sesuai daya dukung tanah.

Selama proses pengeboran, dilakukan pencatatan kedalaman dan jenis tanah pada setiap lapisan sebagai bahan evaluasi daya dukung tiang. Pengeboran berhenti setelah mencapai kedalaman yang ditentukan.

Pemasangan Tulangan

Setelah pengeboran selesai, selanjutnya pemasangan tulangan besi bertulang sesuai dengan yang telah dirancang. Diameter dan jumlah besi tulangan disesuaikan daya dukung beban pondasi bangunan. Pastikan tulangan terpasang lurus dan presisi di tengah lubang bor.

Pengecoran Beton

Tahap selanjutnya adalah pengecoran adukan beton ke dalam lubang bor yang sudah terpasang tulangan. Pengecoran menggunakan concrete pump atau bucket cor. Beton didiamkan beberapa hari agar mengeras dan mencapai kuat tekan yang cukup sebelum melanjutkan pekerjaan pondasi.

Finishing

Setelah beton mengeras, kepala tiang pancang dipotong rata dengan permukaan tanah menggunakan concrete cutter. Permukaan tiang pancang juga bisa dihaluskan atau diberi lapisan plester. Dengan begitu pemasangan mini pile telah selesai.

Demikian tahapan pemasangan mini pile beton yang dilakukan secara profesional agar mendapatkan hasil pondasi yang optimal. Peralatan berat pengeboran dan pengecoran juga penting untuk menjaga kualitas dan kapasitas daya dukung pondasi.

Perhitungan Komponen Biaya Pasang Mini Pile

Dalam menghitung harga mini pile, ada beberapa komponen biaya yang perlu diperhatikan, diantaranya :

  • Biaya bahan dan peralatan
    Biaya ini meliputi biaya tiang pancang beton, casing, tremi, concrete pump, dan peralatan pendukung lainnya. Harga tiang pancang beton bervariasi tergantung ukuran dan mutunya. Semakin besar diameter dan kelas mutu beton, maka akan semakin mahal harga per tiangnya.
  • Biaya tenaga kerja
    Tenaga kerja yang dibutuhkan antara lain: operator alat berat, tukang, mandor, dan lainnya. Upah tenaga kerja ini biasanya dihitung per hari kerja.
  • Biaya sewa alat berat
    Alat berat yang digunakan dalam pemancangan mini pile diantaranya excavator dan crane. Biaya sewa alat berat ini bervariasi tergantung jenis, ukuran dan lamanya penggunaan. Semakin besar dan canggih alatnya, maka semakin mahal biaya sewanya.
  • Biaya mobilisasi
    Biaya ini diperlukan untuk transportasi peralatan dan material dari lokasi asal ke lokasi proyek. Biasanya dihitung berdasarkan jarak dan jumlah peralatan yang diangkut.
  • Biaya overhead
    Biaya tak terduga lainnya seperti biaya administrasi, akomodasi, makan minum, dll. Biasanya dihitung sekitar 5-10% dari total biaya proyek.

Dengan memperhitungkan komponen-komponen biaya di atas, maka dapat diestimasi total biaya yang dibutuhkan untuk pemancangan mini pile pada sebuah proyek konstruksi.

Daftar Harga Mini Pile Tiang Pancang Beton

Harga mini pile tentu bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Berikut adalah daftar rentang harga mini pile per meter :

Jenis dan UkuranBerat (Kg)Harga / Meter
Mini Pile 30 x 30 x 600 cm (N)216IDR 242.900
Mini Pile 30 x 30 x 600 cm (S)216IDR 258.900
Mini Pile 30 x 30 x 600 cm (D)216IDR 274.900
Mini Pile 30 x 30 x 300 cm (N)216IDR 228.900
Mini Pile 30 x 30 x 300 cm (S)216IDR 274.900
Mini Pile 30 x 30 x 300 cm (D)216IDR 305.900
Mini Pile 25 x 25 x 600 cm (N)150IDR 156.300
Mini Pile 25 x 25 x 600 cm (S)150IDR 164.300
Mini Pile 25 x 25 x 600 cm (D)150IDR 171.300
Mini Pile 25 x 25 x 300 cm (N)150IDR 156.733
Mini Pile 25 x 25 x 300 cm (S)150IDR 171.733
Mini Pile 25 x 25 x 300 cm (D)150IDR 186.733
Mini Pile 20 x 20 x 600 cm (N)96IDR 124.483
Mini Pile 20 x 20 x 600 cm (S)96IDR 130.483
Mini Pile 20 x 20 x 600 cm (D)96IDR 135.483
Mini Pile 20 x 20 x 300 cm (N)96IDR 124.467
Mini Pile 20 x 20 x 300 cm (S)96IDR 135.467
Mini Pile 20 x 20 x 300 cm (D)96IDR 146.467

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga akhir mini pile antara lain:

  • Diameter mini pile
  • Kedalaman mini pile
  • Jenis tanah
  • Akses lokasi proyek
  • Volume pekerjaan
  • Harga bahan material mini pile

Semakin besar diameter dan kedalaman mini pile, tentu akan semakin mahal harga per meternya. Demikian pula untuk jenis tanah yang sulit seperti batu atau berpasir akan membutuhkan teknik khusus sehingga menaikkan harga.

Faktor akses lokasi dan volume pekerjaan juga berpengaruh terhadap harga satuan mini pile. Semakin mudah akses dan banyak volume pekerjaan, biasanya kontraktor akan memberikan potongan harga lebih menarik.

Dengan mengetahui daftar harga di atas dan faktor-faktor yang mempengaruhi, diharapkan dapat membantu menganggarkan budget biaya mini pile dengan lebih akurat. Konsultasikan detail proyek Anda dengan kontraktor profesional untuk mendapatkan estimasi harga terbaik.

Tips Hemat Biaya Pemasangan Mini Pile

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya pemasangan mini pile:

  • Pilih jenis dan ukuran mini pile yang tepat. Konsultasikan dengan ahli geoteknik untuk menentukan jenis dan ukuran mini pile yang ideal sesuai kondisi tanah dan beban yang ditopang. Hindari overdesign yang bisa membuat biaya membengkak.
  • Gunakan material lokal yang tersedia. Misalnya jika lokasi proyek dekat dengan pabrik beton, bisa memakai beton pracetak dari sana sehingga ongkos angkut lebih murah.
  • Lakukan optimasi desain. Misalnya dengan mengatur pola dan jarak antar mini pile agar lebih efisien, menggunakan tiang pancang berukuran lebih kecil untuk beban yang lebih ringan.
  • Dapatkan beberapa penawaran dan bandingkan harga dari kontraktor/pemasok terpercaya.
  • Tanyakan opsi pembayaran. Bisa negosiasi pembayaran bertahap atau termin untuk mengurangi beban modal.
  • Perhatikan faktor cuaca dan iklim agar jadwal pelaksanaan optimal, hindari musim hujan yang bisa memperlambat.
  • Kelola proyek dengan disiplin waktu dan anggaran untuk menghindari pembengkakan biaya.

Dengan perencanaan dan manajemen proyek yang matang, biaya pemasangan mini pile dapat dioptimalkan tanpa mengurangi kualitas. Konsultasikan dengan ahli supaya mendapatkan solusi termurah dan terbaik.

Baca juga : Harga U Ditch

Penutup

Mini pile merupakan tiang pancang beton bertulang dengan diameter kecil. Mini pile memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tiang pancang konvensional, seperti kemampuan menembus lapisan keras, getaran rendah saat pemasangan, serta biaya relatif lebih murah.

Metode pemasangan mini pile dilakukan dengan mesin khusus yang mampu menancapkan tiang hingga kedalaman tertentu. Setelah tiang terpasang, dilakukan pengecoran untuk mengisi tiang dengan beton. Harga mini pile bervariasi tergantung ukuran diameter dan kedalaman yang dibutuhkan. Semakin besar diameter dan kedalaman, maka harga semakin mahal.

Secara keseluruhan, mini pile merupakan alternatif tiang pancang yang efektif dan ekonomis untuk berbagai kebutuhan pondasi bangunan. Pemilihan jenis dan ukuran mini pile yang tepat sangat penting untuk mendapatkan pondasi yang kuat dan hemat biaya. Hubungi jika Anda membutuhkan material yang satu ini.

 

Tags:

Harga Mini Pile Tiang Pancang Beton Precast

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 152 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Rekomendasi
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Rahmat
● online
Idris
● online
Rahmat
● online
Halo, perkenalkan saya Rahmat
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja