Beranda » Sewa Concrete Pump » Concrete Pump Longboom » Harga Sewa Concrete Pump / Pompa Beton 2024 Rental Terbaru
click image to preview activate zoom
Diskon
-678%
Paling Laris

Harga Sewa Concrete Pump / Pompa Beton 2024 Rental Terbaru

Rp 3.500.000 Rp 450.000
Hemat Rp -3.050.000
KodeCP
Stok Tersedia (100)
Kategori Concrete Pump Longboom, Concrete Pump Mini, Concrete Pump Portable, Concrete Pump Standar, Sewa Concrete Pump

Jangkauan Wilayah :

  • Jakarta
  • Bogor
  • Depok
  • Tangerang
  • Bekasi
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Harga Sewa Concrete Pump / Pompa Beton 2024 Rental Terbaru

Concrete Pump / Pompa Beton adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai alat bantu untuk mengalirkan beton ke area yang akan di cor. Campuran-campuran beton berupa cairan memungkinkan untuk dipompa, pemompaan ini melalui suatu pipa atau slang.

Pipa dan slang ini dapat dipasang kombinasi vertikal dan horizontal atau miring, sehingga pemompaan merupakan metoda yang fleksibel untuk memindahkan campuran beton pada bidang pengecoran sesuai yang kita inginkan. Cara ini adalah yang paling efektif dan paling cepat dibandingkan dengan motode lainnya.

Dengan bantuan pompa beton ini, 1 mobil molen readymix berkapasitas 7 m³ bisa di tuang ke area pengecoran hanya dengan waktu 15 – 20 menit saja dan cukup hanya dengan 5-6 pekerja saja karena pekerja hanya menarik dan meratakan beton saja.

Lebih cepat dari pada harus menaikan beton secara manual yang dapat memakan waktu 3 jam lebih dan memerlukan tenaga yang banyak. Dalam laman ini akan kami sampaikan juga harga sewa concrete pump dan sesuai jenis – jenisnya yang biasa dipakai di Indonesi. Penyewaan pompa beton ini biasanya per hari, per jam atau bahkan sewa per bulan.

Keuntungan Menggunakan Concrete Pump

Banyak sekali keuntungan menggunakan alat bantu yang satu ini, meskipun Anda harus mengeluarkan budget lebih untuk menyewa alat yang satu ini. Namun, haslinya Anda akan lebih puas ketimbang memilih pekerjaan secara manual. Karena anda akan mendapati waktu efektif alat ini bekerja secara konstan ketimbang waktu delay nya, jika anda hitung pengecoran akan jauh lebih murah.

Waktu efektif adalah waktu dimana concrete pump memompa beton cair untuk dialirkan ke segmen-segmen. Waktu delay adalah waktu dimana concrete pump berhenti melakukan pemompaan. Delay ini bisa disebabkan bermacam- macam hal, seperti pemindahan pipa dari segmen 1 ke segmen 2, atau bisa juga pekerja yang bermalas-malasan.

Total waktu truck concrete pump dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut (Limanto, 2010) : Waktu total = waktu efektif + waktu delay (menit)

Alat ini juga sudah teruji diberbagai pengecoran baik skala besar maupun retail rumahan. Produktivitas didasarkan pada pelaksanaan volume yang dikerjakan per siklus waktu. Produktivitas concrete pump adalah volume truck mixer dibagi dengan waktu pompa efektif atau ditulis dalam perumusan sebagai berikut : Produktivitas = volume tiap segmen/waktu total

Berikut kami uraikan lebih lanjut mengenai keunggulan alat ini sebagai beriktu ;

☑ Efisiensi Waktu

Efisiensi waktu menjadi kelebihan yang alat ini tawarkan. Pengerjaan secara manual membutuhkan waktu berkisar 4 jam untuk 7 kubik bejarak 10 – 15 meter dengan tenaga 15 sampai 20 orang. Sementara Concrete Pump mampu mendistribusikan 7 kubik dengan waktu 15 menit saja serta tenaga yang lebih minim yakni 5 orang.

☑ Kualitas Ready Mix Terjaga Penuh

Kelebihan lainnya adalah kualitas beton yang lebih terjaga. Penggunaan ready mix memiliki toleransi waktu berkisar 5 jam sebelum akhirnya membeku atau mengeras. Hal ini tentu dapat kita minimalisir dengan penggunaan Concrete Pump jika kita bandingkan pengerjaan secara manual.

☑ Pastinya Hasil Lebih Rapih

Pengecoran yang kita lakukan secara manual biasanya kurang rapi hingga menyisakan ceceran beton yang tumpah dari wadahnya. Berbeda dengan Concrete Pump yang pengerjaannya menjadi lebih rapi karena menggunakan boom atau belalai.

Baca juga : Harga Ready Mix Per M3

Jenis – Jenis dan Tipe Pompa Beton

Penggunaan concrete pump dapat menyesuaikan dengan tinggi bangunan yang hendak kita buat. Setiap bagunan tentu memiliki tinggi yang berbeda sehingga membutuhkan jenis concrete pump yang berbeda pula. Ada beberapa jenis pompa beton sesuai kegunaan dan kondisi proyek anda. Berikut ini ulasan sekilas mengenai jenis pompa beton beserta harga sewanya.

Standar Concrete Pump / Pompa Standar

Pompa Standar

Pompa Standar

Umumnya untuk jenis bangunan yang rendah seperti halnya mall, ruko, rumah tinggal dan lain sebagainya. Concrete Pump Standar cocok untuk bangunan di bawah 20 meter dengan pemakaian betonnya di bawah 60 meter. Adapun tingkat concrete pressure berada di antara 4 mpa sampai dengan 7 mpa.

Mini Concrete Pump / Pompa Mini

Pompa Mini

Pompa Mini

Merupakan Concrete Pump yang berasal dari Jepang dan untuk jenis bangunan yang jalannya sempit dengan portal yang hanya bisa terlalui dengan mobil cold desel. Concrete Pump jenis ini cocok untuk hunian dengan 1 sampai dengan 2 lantai namun terletak di area sempit.

Concrete Pump Long Boom / Pompa Longboom

Pompa Longboom

Pompa Longboom

Merupakan Concrete Pump untuk bangunan-bangunan tinggi seperti perkantoran, ruko dengan lantai 5 sampai 7 serta bangunan di atas 20 meter. Concrete Pump ini memiliki concrete pressure antara 8 pa sampai dengan 40 mpa.

Concrete Pump Portable / Pompa Kodok

Pompa Kodok

Pompa Kodok

Merupakan Concrete Pump untuk ragam bangunan seperti bedungan, pelabuhan, jety, pondasi PLN, gang atau jalan sempit. Karena pompa kodok bisa melewati berbagai arena jalan yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk bergerak ke lokasi proyek. Jangkauan horizontal pompa beton ini berkisar 120 meter sampai dengan 170 meter.

Baca selengkapnya : Jenis-Jenis Concrete Pump

Prosedur Pengecoran Beton Cor dengan Concrete Pump

Prosedur pelaksanaan pengecoran beton cor dengan concrete pump ditentukan dalam SOP masing-masing perusahaan pengelolanya dan secara tipikal dapat disebutkan sebagai berikut :

Komunikasi dengan Pelaksana Pengecoran

Agar tidak terjadi kesimpang siuran atau mis-komunikasi maka saat berlangsungnya pemompaan beton segar operator hanya berkomunikasi dengan 1 orang saja (yang ditunjuk dan diberi wewenang oleh pelaksana pengecoran).

Namun demikian bila operator tidak dapat berhubungan langsung karena hambatan jarak atau terhalang bangunan, komunikasi harus dibantu dengan alat komunkasi radio atau bahasa isyarat.

Dibawah ini adalah contoh bahasa isyarat untuk pekerjaan pemompaan beton yang digunakan oleh ACPA (American Concrete Pump Assosiation).

Bahasa isyarat pemompaan beton segar

Bahasa isyarat pemompaan beton segar

  1. Boom naik 8. Mulai pompa dipercepat
  2. Boom turun 9. Perlambat pompa
  3. Boom kiri 10. Berhentikan pompa
  4. Boom kanan 11. Gerakkan sedikit
  5. Buka atau perpanjang boom 12. Tambahkan air
  6. Tutup atau perpendek boom 13. Selesai dan bersihkan
  7. Boom berhenti

Tekanan Beton Segar (Concrete Pressure) yang Diperlukan

Pengoperasian pemompaan beton segar akan berjalan dengan efisien apabila kondisi pemompaan dapat memenuhi kemampuan pompa beton yang dipakai. Untuk itu harus diperhatikan keseimbangan antara beberapa faktor yang mempengaruhi pengoperasian pompa beton, yaitu :

Diameter Jaringan Pipa Penyalur

Walaupun makin besar diameter pipa penyalur makin rendah tekanan yang diperlukan, tetapi akan membawa dampak lain yang mengikutinya yaitu penambahan tenaga kerja (diameter pipa lebih besar beratnya juga lebih berat), penyangga dan penguat pegangan pipa penyalur harus ditambah sehingga perlu adanya tambahan biaya lagi.

Dalam pelaksanaan pengecoran beton pipa yang optimum dipakai adalah dengan ukuran diameter dalam 5 inch (125 mm), kecuali dalam kondisi yang khusus dapat dipakai 6, 7 atau 8 inch.

Sesuai dengan ketentuan American Concrete Institute ACI 304.2R-71 ”Placing Concrete by Pumping Method” direkomendasikan bahwa maksimum ukuran terbesar bahan batu pecah yang dipakai tidak boleh melebihi 1/3 diameter terkecil pipa yang dilewati beton segar.

Dengan demikian bila diameter dalam pipa terkecil 4 inch, maka agregate kasar yang dipakai bahan campuran beton segar adalah dengan ukuran maksimum 11/3 inch atau 32 mm. Bila ada campuran beton segar dengan ukuran agregate kasar melebihi 32 mm akan menyulitkan pemompaan beton.

Panjang Jalur Pipa Penyalur

Panjang jalur pipa langsung mempengaruhi tekanan beton yang diperlukan karena adanya gaya gesekan antara beton segar dan dinding dalam pipa penyalur. Itulah sebabnya pipa baja banyak dipakai karena permukaan yang halus pada dinding dalam pipa baja mengurangi gaya gesek dengan beton segar.

Sebaliknya pipa fleksibel mempunyai koefisien gesek yang tinggi, sehingga hanya dipakai pada bagian-bagian tertentu saja untuk mengurangi kerugian tekanan. Mengingat hal tersebut maka panjang jalur pipa penyalur beton segar selalu diusahakan sependek mungkin.

Tata Letak (Lay Out) Jalur Pipa Penyalur

Lay out pipa penyalur mempengaruhi tekanan yang diperlukan oleh beton segar untuk bisa dipompa dengan lancar.
Bila terjadi perubahan arah jalur pipa maka akan terjadi penambahan tahanan (resistance) terhadap gerakan beton segar.

Agar diperoleh nilai tahanan (resistance) pipa yang kecil harus diusahakan agar jumlah pipa bengkok yang dipakai sekecil mungkin. Perubahan diameter dalam pipa dari diameter yang lebih besar ke diameter yang lebih kecil juga akan menambah nilai tahanan pipa.

Slump Beton Segar

Dalam keadaan normal slump beton segar bervariasi dari truck mixer yang satu ke yang berikutnya menurut toleransi design mix, mesin pemecah batu dan penyaringnya (crushing and screening plant) serta mesin penimbang dan pencampur beton (concrete batching plant).

Untuk pemompaan beton toleransinya lebih diperketat lagi agar pemompaan beton segar dapat berjalan dengan lancar. Menurut ACI 304 slump beton segar yang dianjurkan adalah 2 sampai 6 inch (50 sampai 150 mm).

Estimasi Tekanan Beton yang Diperlukan untuk Pemompaan

Bila pemompaan beton berhenti, maka untuk memulai lagi diperlukan tekanan beton yang lebih besar lagi. Untuk mengestimasi besarnya tekanan beton yang diperlukan kita dapat menggunakan Grafik ”Concrete Pump Performance Estimator”.

Harga Sewa Concrete Pump 2024 Untuk Berbagai Pengecoran

Jenis Concrete PumpKapasitas KubikasiHarga Sewa
Concrete Pump Super Long Boom76 - 100 m3Rp7.200.000,00 - Rp7.500.000,00
Concrete Pump Super Long Boom51 - 75 m3Rp7.000.000,00 - Rp7.200.000,00
Concrete Pump Super Long Boom26 - 50 m3Rp6.800.000,00 - Rp7.000.000,00
Concrete Pump Super Long Boom1 - 25 m3Rp6.200.000,00 - Rp6.500.000,00
Concrete Pump Long Boom76 - 100 m3Rp5.700.000,00 - Rp5.900.000,00
Concrete Pump Long Boom51 - 75 m3Rp5.500.000,00 - Rp5.700.000,00
Concrete Pump Long Boom26 - 50 m3Rp5.200.000,00 - Rp5.400.000,00
Concrete Pump Long Boom1 - 25 m3Rp4.900.000,00 - Rp5.100.000,00
Concrete Pump Standar76 - 100 m3Rp4.200.000,00 - Rp4.500.000,00
Concrete Pump Standar51 - 75 m3Rp4.000.000,00 - Rp4.200.000,00
Concrete Pump Standar26 - 50 m3Rp3.500.000,00 - Rp3.700.000,00
Concrete Pump Standar1 - 25 m3Rp3.200.000,00 - Rp3.500.000,00
Concrete Pump Mini76 - 100 m3Rp4.500.000,00 - Rp4.700.000,00
Concrete Pump Mini51 - 75 m3Rp4.200.000,00 - Rp4.400.000,00
Concrete Pump Mini26 - 50 m3Rp3.900.000,00 - Rp4.100.000,00
Concrete Pump Mini1 - 25 m3Rp3.500.000,00 - Rp3.800.000,00
Concrete Pump Kodok1 -30 m3Mulai Rp 6 juta
Concrete Pump Kodok30 - 60 m3Mulai Rp 7,5 juta
Concrete Pump Kodok60 - 100 m3Mulai Rp 9,5 juta
Concrete Pump Kodok100 m3 - lebihNego Langsung Dengan Kami

Dengan menyewa pompa beton, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan Biaya operasi alat. Biaya operasi alat adalah semua biaya yang ada keluarkan untuk pelaksanaan operasi alat. Adapun biaya-biaya operasi alat tersebut adalah :

  • Biaya bahan bakar
  • Minyak Pelumas
  • Minyak hidraulik
  • Biaya operator per jam
  • Perbaikan/pemeliharaan termasuk semua suku cadang dan mekanik

Anda hanya tinggal menghubungi kami dan Kami akan menanggung semua biaya tersebut di atas.

Ketentuan Pemesanan

  • Konfirmasi pemesanan 3 hari sebelum pengecoran
  • Pastikan area anda bisa terlalui mobil pompa beton
  • Harga sewa pompa dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
  • Harga tersebut berlaku untuk wilayah Karawang dan sekitarnya
  • Pihak pembeli bertanggung jawab atas koordinasi dan keamanan pada lingkungan sekitar
  • Untuk setiap penambahan pipa, biaya cas pipa Rp.100.000 / pipa. Maksimal pipa 20 batang

Penutup

Pompa beton telah dicoba pada pekerjaan pembuatan terowongan, yang nyatanya merupakan metode yang cocok dari metode-metode pengecoran yang tersedia.

Selain digunakan pada pembuatan terowongan, juga cocok untuk pengecoran jembatan lantai dan dinding yang panjang (misal pada stadion dan lain-lain) dan pada pokoknya cara ini cocok untuk kondisi lapangan yang sulit, seperti sempit dan sesak atau tidak terdapatnya jalan jika dioperasikan bucket dengan crane atau buggy.

Untuk informasi lanjutan mengenai Harga Sewa Concrete Pump yang Murah, hubungi kami melalui nomor Telp. / Wa pada website ini.

Baca juga : Harga U Ditch Precast

Q&A Mengenai Sewa Concrete Pump

Bagaimana cara memesan jasa sewa pompa beton?
Untuk menggunakan jasa rental dari kami silahkan hubungi kami.

Berapa harga rental concrete pump?
Tergantung dari jenis concrete pump apa yang akan disewa.

Apakah harga yang tertera pada tabel dapat ditawar?
Ya tentu semua harga yang kami cantumkan di atas masih relatif nego.

Berapa lama waktu minimum penyewaan concrete pump?
Semua jenis pompa beton yang disewakan yaitu minimum selama 8 jam.

Ada berapa jenis pompa beton yang disewakan?
Pompa beton standar, pompa beton mini, pompa beton long boom, pompa beton super long boom dan pompa moly/kodok.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum sewa pompa beton?
Kelayakan jalan untuk dilalui oleh truk pompa beton, berkoordinasi dengan lingkungan.

Tags: , , , , ,

Harga Sewa Concrete Pump / Pompa Beton 2024 Rental Terbaru

Berat 220 gram
Kondisi Baru
Dilihat 2.623 kali
Diskusi 1 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Rahmat
● online
Idris
● online
Rahmat
● online
Halo, perkenalkan saya Rahmat
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja